Analisis Dampak Kecemasan Matematis Siswa Terhadap Kemampuan Sintesis Matematika

Authors

  • Marlina Retno Wulandari Universitas Singaperbangsa
  • Karunia Eka Lestari Universitas Singaperbangsa

DOI:

https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1222

Keywords:

deskriptif kualitatif, kecemasan matematis, kemampuan sintesis matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak kecemasan matematis siswa tehadap kemampuan sintesis matematika. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengambilan subjek dilakukan secara purposive yang melibatkan 15 siswa kelas VIII di salah satu SMP di Karawang. Hasil tes kemampuan sintesis matematis menunjukkan bahwa sebagian besar siswa (66,6%) memiliki kemampuan sintesis matematis pada kategori tinggi, sebagian kecil siswa (33,3%) berada pada kategori sedang, dan tidak ada seorang pun siswa yang berada pada kategori rendah. Sementara itu, hasil analisis data angket menunjukkan bahwa sebagian besar besar siswa (68, 83%) mengalami gangguan kecerdasan seperti daya ingat yang menurun, 67,80% siswa mengalami perasaan cemas seperti takut pada pikiran sendiri, 60,57% siswa mengalami ketegangan seperti perasan gelisah. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa kecemasan matematis memiliki dampak negatif terhadap kemampuan sintesis matematis.

Downloads

Published

2022-02-15

How to Cite

Wulandari, M. R., & Lestari, K. E. . (2022). Analisis Dampak Kecemasan Matematis Siswa Terhadap Kemampuan Sintesis Matematika. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 74–83. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1222