PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V DI SD NEGERI CIBOGO

  • aan setiawati SD Negeri Cibogo Subang
Keywords: hasil belajar dan aktivitas siswa, pembelajaran ilmu pengetahuan alam, model pembelajaran snowball throwing

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer, dan subyek yang diteliti. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa Kelas V melalui penerapan model pembelajaran snowball throwing. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cibogo Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang yang terdiri dari 35 siswa. penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016.           

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus, siklus satu satu kali pertemuan dan siklus dua satu kali pertemuan yang terdiri dari empat tindakan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada siklus satu memperoleh nilai rata-rata 46,67 dengan mencapai ketuntasan 63%, dan meningkat pada siklus kedua memperoleh nilai rata-rata 83,33 dengan mencapai ketuntasan 80%. Begitu juga dengan hasil observasi perilaku siswa, terdapat peningkatan pada perilaku siswa di setiap siklusnya. Pada siklus I didapatkan skor rata-rata untuk kerja sama adalah 2,76, skor keaktifan rata-ratanya adalah 3,00, dan skor rata-rata keberanian adalah 2,96 dengan kategori cukup baik. Selanjutnya pada siklus II didapatkan skor rata-rata untuk kerja sama adalah 3,88, skor keaktifan rata-ratanya adalah 3,78, dan skor rata-rata keberanian adalah 3,77 dengan kategori baik.

Penelitian ini berkesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran snowball throwing pada pembelajaraan ilmu pengetahuan alam dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan alam pada siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Cibogo Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang. Selain itu model pembelajaran ini dapat meningkatkan partisipasi dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran.

Published
2017-04-28
How to Cite
setiawati, aan. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V DI SD NEGERI CIBOGO. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(01), 1. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/15
Section
Articles