Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Kartu terhadap Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Matematika

Authors

  • Seno Budi Setyawan Universitas Negeri Semarang
  • Walid Universitas Negeri Semarang
  • Bambang Eko Susilo Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35569/biormatika.v9i2.1645

Keywords:

Hasil Belajar, Media Kartu, Systematic Literature Review

Abstract

Hasil Survei PISA 2018 menunjukkan kemampuan matematika di Indonesia berada pada peringkat rendah dan terjadi penurunan peringkat. Media dapat menjadi faktor penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Media kartu merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi media pembelajaran kartu terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Metode Systematic Literature Review (SLR) menjadi metode yang digunakan dalam penelitian ini. Metode SLR dilakukan dengan menelaah artikel yang diperoleh dari 3 database yaitu Garuda,Google Scholar, dan Scopus. Banyak artikel telaah yaitu 14 artikel. Kata kunci untuk pencarian artikel adalah media kartu dan hasil belajar dengan publikasi dari tahun 2018 sampai 2021. Tahap pada penelitian ini adalah perencanaan, review dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah pengelompokan data, analisa data dan penyimpulan data. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini yaitu penelitian terdahulu memiliki kecenderungan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian: PTK, desain penelitian: menurut Kemmis dan Mc. Taggart, jenjang penelitian: tingkat SD, materi: bilangan. Kesimpulan pada penelitianini yaitu media kartu pembelajaran matematika dengan menggunakan media kartu dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata sebesar 14,69%. Media kartu dapat diimplementasikan pada berbagai materi matematika, tingkat pendidikan serta model pembelajaran

Downloads

Published

2023-09-18

How to Cite

Setyawan, S. B., Walid, & Susilo, B. E. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Kartu terhadap Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Matematika . Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 9(2), 87 –. https://doi.org/10.35569/biormatika.v9i2.1645