PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DI SD NEGERI SETRAGALIH KECAMATAN CIBOGO KABUPATEN SUBANG

Authors

  • Eem Sulaemi SD NEGERI SETRAGALIH

Keywords:

hasil belajar, pembelajaran ilmu pengetahuan sosial,, model pembelajaran Role Playing

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer, dan subyek yang diteliti. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa Kelas III melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Setragalih Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang yang terdiri dari 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian tindakan Kelas  ini dilaksanakan dua siklus, siklus satu dan siklus dua terdiri dari empat tindakan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada siklus satu memperoleh nilai rata-rata 51,61 yang mencapai ketuntasan 57%, dan meningkat pada siklus kedua memperoleh nilai rata-rata 84,81 yang mencapai ketuntasan 80%. Begitu juga dengan hasil observasi perilaku siswa, terdapat peningkatan pada perilaku siswa di setiap siklusnya. Pada siklus I didapatkan skor rata-rata untuk kerja sama adalah 2,80, skor keaktifan rata-ratanya adalah 3,03, dan skor rata-rata keberanian adalah 3,02 dengan kategori cukup baik. Selanjutnya pada siklus II didapatkan skor rata-rata untuk kerja sama adalah 3,65, skor keaktifan rata-ratanya adalah 3,62, dan skor rata-rata keberanian adalah 3,58 dengan kategori baik. Penelitian ini berkesimpulan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Bermain Peran (Role Playing)  dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa Kelas III di Sekolah Dasar Negeri Setragalih Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang. Selain itu model pembelajaran ini dapat meningkatkan partisipasi dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran.

 

Downloads

Published

2017-02-09

How to Cite

Sulaemi, E. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DI SD NEGERI SETRAGALIH KECAMATAN CIBOGO KABUPATEN SUBANG. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(01). Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/169

Issue

Section

Articles