PERSEPSI SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN OLAHRAGA RENANG di SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 PADANG

Authors

  • Rolly Afrinaldi FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang

Keywords:

Persepsi, Olahraga Renang, Siswa SMA Negeri 2 Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan  mendapatkan  informasi tentang persepsi siswa SMA Negeri 2 Padang terhadap proses pembelajaran olahraga renang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, sampel penelitian Siswa SMA Negeri 2 berjumlah 69 siswa yang diambil secara purposiverandom sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner yang memliki Cronbach Alpha 0,97 dan observasi langsung. teknik analisa menggunakan frekwensi (statistic deskriptif) dengan rumus persentas.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Persepsi siswa SMA Negeri 2 Padanng terhadap proses pembelajaran olahraga renang dengan sub indikator pengetahuan diklasifikasikan baik dengan perolehan (mean) = 3,54 dengan persentase 70,92%.Persepsi siswa SMA Negeri 2 Padang terhadap proses pembelajaran olahraga renang dengan sub indikator pengalaman diklasifikasikan baik dengan perolehan (mean) = 3,58 dengan persentase 71,59%.Persepsi siswa SMA Negeri 2 Padang terhadap proses pembelajaran olahraga renang dengan sub indikator manfaat diklasifikasikan baik dengan perolehan (mean) = 3,62 dengan persentase 72,51%.Dari hasil keseluruhan sub indikator diatas diperoleh (mean) = 3,58 dengan persentase 71,67%. Simpulan dalam penelitian adalah persepsi siswa SMA Negeri 2 Padang terhadap proses pembelajaran olahraga renang diklasifikasikan “Baikâ€, artinya siswa SMA Negeri 2 Padang memberikan persepsi yang baik terhadap proses pembelajaran olahraga renang disekolah.

Downloads

Published

2016-09-15

How to Cite

Afrinaldi, R. (2016). PERSEPSI SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN OLAHRAGA RENANG di SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 PADANG. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(02). Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/177

Issue

Section

Articles