Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lay Up Shoot Melalui Model Pembelajaran Variasi Lompat Pada Siswa SMAN 1 Jakarta

Authors

  • Andi Hasriadi Hasyim Universitas Negeri Jakarta
  • Sujarwo Universitas Negeri Jakarta
  • Rizky Nurulfa Universitas Negeri Jakarta
  • Eko Prabowo Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.35569/biormatika.v9i2.1806

Keywords:

Layup Shoot, Variasi Lompat

Abstract

Bola basket adalah salah satu cabang olahraga yang termasuk populer dan banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Tembakan lay up adalah jenis tembakan yang efektif, karena dilakukan pada jarak yang sedekat – dekatnya dengan ring basket. Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Lay Up Shoot Melalui Model Pembelajaran Variasi Lompat pada siswa SMAN 1 Jakarta. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan yang berbasis kelas (Classroom Action Research) yang bersifat deskriptif. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dari 36 subjek penelitian terdapat 32 siswa dengan persentase 88,9% sudah dalam kategori tuntas dan 4 siswa dengan persentase 11,1% dalam kategori tidak tuntas pada  siklus II. jumlah siswa yang berada pada kategori tuntas mengalami peningkatan sebanyak 22 siswa atau 61,1% pada siklus I, proses ketuntasan terjadi dalam dua kali pertemuan proses pembelajaran dengan materi yang sama, pada siklus II mengalami ketuntasan 88,9% dengan  pelaksanaan proses penelitian yang sampir sama dengan siklus I. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dribble lay up melalui model pembelajaran lompat naik turun bangku siswa kelas XI  di SMAN setiap siswa dengan standar KKM 75 dan nilai ketuntasan seluruh siswa 88,9% pada siklus II, sehingga tidak perlu lagi dilanjutkan ke siklus berikutnya.

Downloads

Published

2023-10-02

How to Cite

Hasyim, A. H., Sujarwo, Nurulfa, R., & Prabowo, E. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lay Up Shoot Melalui Model Pembelajaran Variasi Lompat Pada Siswa SMAN 1 Jakarta. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 9(2), 175–194. https://doi.org/10.35569/biormatika.v9i2.1806