PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN MARGAHAYU PADA MATERI KEANEKARAGAMAN BUDAYA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

  • Yuyun Tri Setiawati SD Negeri Margahayu
Keywords: Motivasi, Hasil belajar, Model Pembelajaran Snowball Throwing

Abstract

Berdasarkan data observasi awal yang diperoleh di SDN Margahayu yaitu motivasi dan hasil belajar siswa masih rendah khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, sebanyak 35 siswa atau 20,5% siswa tuntas dan 9 siswa atau 79,5% siswa belum tuntasdari jumlah 44 siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Margahayu khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing.

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan tiga siklus.Masing-masing siklus terdiri dariempat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan evaluasi berupa soal tes tertulis pada setiap akhir siklusnya. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan data kualitatif dandata kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 68,7 meningkat pada siklus II menjadi 73,3kemudian meningkat menjadi 80,43 berarti mengalami peningkatan. Sedangkan presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1 yaitu 45,5%  meningkat pada siklus II menjadi 63,9% dan meningkat pada siklus III menjadi 90,9%. Hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 16,6%. Sementara aktivitas guru juga meningka dari 72,5 pada siklus I menjadi 77,5 pada siklus II dan 90 pada sikus III.

Disimpulkan bahwa dalam penggunaan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran berlangsung pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi keanekaragaman budaya dan disarankan kepada guru untuk dapat menggunakan model pembelajaran tersebut dalam proses pembelajaran.

Published
2017-04-28
How to Cite
Setiawati, Y. T. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN MARGAHAYU PADA MATERI KEANEKARAGAMAN BUDAYA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(01), 1. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/19
Section
Articles