OBSERVASI SUPERVISI KEPENDIDIKAN TERHADAP HASIL KOMPETENSI DAN KINERJA GURU DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PADA GURU DI SD NEGERI SETRAGALIH KECAMATAN CIBOGO KABUPATEN SUBANG TAHUN 2016

Authors

  • Unang Supriyatna SD NEgeri Setragalih Kecamatan Cibogo

Keywords:

hasil belajar, aktivitas guru dan siswa, pembelajaran matematika, observasi kependidikan

Abstract

Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan arah jalan road map seorang guru dalam rangka mencapai tujuan mata pelajaran yang diinginkan. Arah jalan ini akan mudah dilakukan jika arah jalan tersebut sesuai dengan konteks, karakter sekolah  dan daerah di mana sekolah itu berada. Namun,  dalam realitasnya banyak Silabus dan RPP yang tidak dapat dijadikan patokan dan tidak dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini disebabkan silabus dan RPP hasil copy paste sehingga tidak sesuai dengan konteks, karakter siswa, dan sekolah serta daerah di mana sekolah itu berada. Masalah ini terjadi karena beberapa  guru  belum mampu mengembangkan silabus, dan RPP berdasaran alisis standar isi, standar proses dan analisis  karakter khas siswa, sekolah, dan daerah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah yang tepat dalam melaksanakan supervise akademik sehingga mampu meningkatkan kompetensi kinerja guru terutama dalam proses pembelajaran yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap peningkatan mutu pendidikan. Penelitian dilakukan dengan dua siklus. Pada setiap siklus memiliki perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang berbeda-beda. Subyek penelitian kepala sekolah dan guru. Kepala sekolah dengan tindakan supervise akademiknya, sedangkan guru SD Negeri Setragalih sebagai obyek sekaligus subyek dalam pemberian perlakuan supervise akademik. Teknik pengumpulan data melalui supervise kelas dengan tahapan mensupervisi guru dalam proses pembelajaran dan pengamatan pembelajaran di kelas, untuk mencatat kejadian-kejadian penting yang berhubungan dengan penelitian terutama pada waktu proses pembelajaran berlangsung.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran mengalami peningkatan prosentase pada tiap tahapannya, dari siklus I mencapai nilai rata-rata  62,17 untuk sikap dalam menyusun satuan pelajaran yang baik, dan nilai rata-rata hasil penilaian terhadap satuan pelajaran yang baik  yang disusun oleh  guru dalam katagori cukup dengan rata-rata 68,33. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan efektifitas sikap guru dalam menyusun satuan pelajaran yang baik yaitu mencapai nilai rata-rata 84,42 begitu juga terjadi peningkatan rata-rata untuk hasil penilaian terhadap satuan pelajaran yang disusun guru sebesar 80,00.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa observasi supervise kependidikan terhadap hasil kompetensi dan kinerja guru dalam kegiatan belajar mengajar dapat meningkatkan kompetensi dan kinerja guru dalam kegiatan belajar mengajar di SD Negeri Setragalih T.P. 2015/2016.

Downloads

Published

2017-04-28

How to Cite

Supriyatna, U. (2017). OBSERVASI SUPERVISI KEPENDIDIKAN TERHADAP HASIL KOMPETENSI DAN KINERJA GURU DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PADA GURU DI SD NEGERI SETRAGALIH KECAMATAN CIBOGO KABUPATEN SUBANG TAHUN 2016. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(01), 1. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/20

Issue

Section

Articles