Pengaruh Model Pembelajaran Sport Education Model (SEM) Terhadap Peningkatan Positive Youth Development (PYD) Siswa Kelas VIII di SMPN 2 Subang

Authors

  • R. Fitria Andriani Universitas Subang
  • Aris Risyanto Universitas Subang
  • R. Dadan Pra Rudiana Universitas Subang
  • Iyan Nurdiyan Haris Universitas Sembilanbelas November Kolaka

DOI:

https://doi.org/10.35569/biormatika.v10i2.2009

Keywords:

Pembelajaran Penjas;, PYD;, SEM

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Sport Education Model (SEM) terhadap peningkatan positif youth development (PYD) pada siswa kelas VIII di SMPN 2 Subang. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dengan Design Nonequivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 2  Subang dengan total 10 kelas yang berjumlah 355 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 2 kelas yang berjumlah 72 siswa. Berdasarkan hasil analisis statistik Paired sample t-Test dari kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran SEM adalah 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa  terdapat pengaruh terhadap peningkatan Positive  Youth Development  (PYD) pada siswa kelas VIII di SMPN 2 Subang. Berdasarkan hasil perhitungan SPSS, nilai rata-rata pembelajaran menggunakan model pembelajaran SEM sebesar 36,5197 dan pembelajaran menggunakan model pembelajaran biasa sebesar 19,8027. Dengan nilai F sebesar 11,157 dan nilai Sig. sebesar 0,001. Hasil analisis statistik One Way Anova menunjukan nilai Sig. 0,001 < 0,05 atau Fhitung sebesar 11,157 > nilai Ftable sebesar 3,12 sehingga dapat disimpulkan bahwa Terdapat perbedaan pengaruh antara penggunaan model pembelajaran SEM dengan model pembelajaran biasa terhadap peningkatan Positive  Youth Development (PYD) pada siswa kelas VIII di SMPN 2 Subang.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Andriani, R. F., Risyanto, A., Rudiana, R. D. P., & Haris, I. N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Sport Education Model (SEM) Terhadap Peningkatan Positive Youth Development (PYD) Siswa Kelas VIII di SMPN 2 Subang. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 10(2), 146–154. https://doi.org/10.35569/biormatika.v10i2.2009

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>