PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA METODE BAGIAN DAN PENUGASAN TERHADAP KEMAMPUAN MENENDANG DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA SDN IT ALAMY SUBANG
Keywords:
Metode Bagian, Metode Penugasan, MenendanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah ingin mengungkapkan perbandingan hasil belajar antara metode bagian dan penugasan terhadap kemampuan menendang permainan sepak bola. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan “Pre Test - Post Test Control Group Designâ€. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 30 orang siswa putra SD IT ALAMY Subang Dari jumlah sampel 30 orang tersebut dibagi menjadi dua kelompok dengan cara dirangking, yaitu kelompok A yang diberi latihan menendang menggunakan metode bagian sebanyak 15 orang dan kelompok B yang diberi latihan menendang menggunakan metode penugasan sebanyak 15 orang. Instrumen penelitian sebagai pengumpul data adalah tes keterampilan menendang permainan sepak bola.Hasil pengolahan data dan penghitungan uji – t pada kelompok A (metode bagian) diperoleh nilai t – hitung sebesar 2,92 lebih besar dari nilai – t tabel pada taraf nyata (a) = 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) = 28 sebesar 2,05. Dengan demikian hipotesis nol ditolak dan hipotesis kerja diterima, artinya belajar menggunakan metode bagian memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menendang permainan sepak bola pada siswa putera SD IT ALAMY Subang. Sedangkan hasil penghitungan uji – t pada kelompok B (metode penugasan) diperoleh nilai t – hitung sebesar 1,17 lebih kecil dari nilai – t tabel pada taraf nyata (a) = 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) = 28 sebesar 2,05. Dengan demikian hipotesis nol diterima dan hipotesis kerja ditolak, artinya belajar menggunakan metode penugasan tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menendang permainan sepak bola pada siswa putera SD IT ALAMY Subang. Metode bagian lebih efektif dibandingkan metode penugasan dalam kegiatan belajar mengajar teknik dasar menendang permainan sepak bola pada siswa SD IT ALAMY Subang.Downloads
Published
2018-02-13
How to Cite
MUDIAN, D. (2018). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA METODE BAGIAN DAN PENUGASAN TERHADAP KEMAMPUAN MENENDANG DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA SDN IT ALAMY SUBANG. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(01). Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/210
Issue
Section
Articles