PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH UNTUK PEMBELAJARAN YANG BERMUTU

Authors

  • DODY WAHYUDI PURNAMA Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Subang

Keywords:

Perpustakaan Sekolah, Pembelajaran Bermutu

Abstract

Perpustakaan merupakan suatu tempat untuk menyimpan koleksi buku-buku dan bahan pustaka seperti koran, bibliografi serta bahan grafis seperti film, slide, piringan hitam yang berisikan informasi untuk kebutuhan belajar dan penelitian. Perpustakaan sebagai lembaga yang mengelola sumber informasi semestinya menduduki posisi kunci dalam proses pendidikan dan pelatihan yang ada, baik di lingkungan sekolah, luar sekolah, dunia kerja, maupun masyarakat pada umumnya. Perpustakaan sekolah berfungsi (1) sebagai pusat kegiatan belajar-mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan seperti tercantum dalam kurikulum sekolah; (2) sebagai pusat penelitian sederhana yang memungkinkan para siswa mengembangkan kreativitas dan imajinasinya; dan (3) sebagai pusat kegiatan membaca buku yang bersifat rekreatif dan mengisi waktu luang hal tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0103/O/1981. Pembelajaran bermutu adalah serangkaian kegiatan pembelajaran yang memungkinkan peserta didik dapat belajar dengan mudah, antusias dan menyenangkan, serta dapat mencapai tujuan pembelajaran yang sesuai dengan yang diharapkan. Desain pembelajaran merupakan alat yang dapat membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran secara bermutu dan efisien. Sebagai desainer inaupun sebagai pengelola/pelaksana pembelajaran, guru perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menyusun desain pembelajaran

Downloads

Published

2018-02-13

How to Cite

PURNAMA, D. W. (2018). PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH UNTUK PEMBELAJARAN YANG BERMUTU. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(01). Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/220