HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR BAHASA DAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MAHASISWA UNIVERSITAS BINA DARMA

Authors

  • FITRIA APRILIA Program Studi Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Bina Darma

Keywords:

bahasa, gaya belajar bahasa, hasil belajar bahasa Inggris

Abstract

Gaya belajar bahasa merupakan salah satu isu penting dalam bidang pendidikan. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar bahasa dan pencapaian/hasil belajar bahasa Inggris mahasiswa. Kuesioner tentang gaya belajar bahasa diberikan kepada 16 mahasiswa program studi bahasa Inggris di Universitas Bina Darma yang menjadi sampel dalam studi ini. Sementara itu, data tentang pencapaian/hasil belajar bahasa Inggris didapat melalui transkrip nilai (IPK) mahasiswa. Data yang didapat kemudian dianalisis menggunakan Pearson product-moment correlation coefficient. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara gaya belajar visual, auditori dengan pencapaian/hasil belajar bahasa Inggris mahasiswa. Selanjutnya, hasil analisis regresi menunjukkan bahwa gaya belajar visual mempengaruhi pencapaian/hasil belajar bahasa Inggris mahasiswa sebesar 77.3%, dan 81.2% untuk gaya belajar auditori. Interpretasi dan implikasi dari hasil tersebut selanjutnya juga dibahas secara mendalam dalam artikel ini.

Downloads

Published

2018-10-12

How to Cite

APRILIA, F. (2018). HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR BAHASA DAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MAHASISWA UNIVERSITAS BINA DARMA. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(02), 1–14. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/282

Issue

Section

Articles