PENERAPAN PENDEKATAN TAKTIS DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN KETERAMPILAN DASAR MENGHENTIKAN BOLA PADA PERMAINAN SEPAKBOLA

Authors

  • DICKY OKTORA MUDZAKIR Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Rekreasi STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu
  • YUDHI KHARISMA Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Rekreasi STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu

Keywords:

Pendekatan Taktis, Keterampilan Dasar, Permainan Sepak Bola

Abstract

Tujuan penelitian ini hendak mengkaji mengenai Penerapan Pendekatan Taktis dalam Upaya Meningkatkan Penguasaan Keterampilan Dasar Menghentikan Bola Pada Permainan Sepakbola. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas adalah penelitian tentang hal-hal yang terjadi di dalam kelas, dan hasilnya langsung dapat dikenakan kepada kelas yang bersangkutan. Populasi penelitian bertempat di SMP NU Kaplongan Indramayu yang bertempat di Jalan Raya Kaplongan no. 28 Karangampel Indramayu dan subjek penelitian salah satu kelas VIII SMP NU Kaplongan Indramayu. Berdasarkan perolehan perhitungan dapat dibuktikan pada prasiklus diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 71,38 dengan nilai tertinggi 90 dan terendah 50 sebanyak 13 orang atau sekitar 45% dari jumlah seluruh siswa yang mencapai KKM.. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 80,00 dengan nilai tertinggi 100 dan terendah 60. Siswa yang mencapai KKM sebanyak 21 orang atau 72% dari jumlah keseluruhan siswa yang mencapai KKM.. Akhirnya, pada siklus II atas diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 85,52 dengan nilai tertinggi 100 dan terendah 80. Seluruh siswa memiliki nilai di atas KKM atau 100% dari jumlah keseluruhan siswa yang mencapai KKM.

Downloads

Published

2019-01-15

How to Cite

MUDZAKIR, D. O., & KHARISMA, Y. (2019). PENERAPAN PENDEKATAN TAKTIS DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN KETERAMPILAN DASAR MENGHENTIKAN BOLA PADA PERMAINAN SEPAKBOLA. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(02), 288–300. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/380

Issue

Section

Articles