PENERAPAN MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MTs

Authors

  • SUSI AGUSTINI FKIP Universitas Subang
  • SUMPENA ROHAENDI FKIP Universitas Subang
  • MARIAM AR RAHMAN FKIP Universitas Subang

DOI:

https://doi.org/10.35569/biormatika.v5i01.463

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Model Pembelajaran Mind Mapping

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dan permasalahan yang dihadapi siswa tidak berani dan malu. Hal ini dibuktikan dengan sering dijumpai beberapa masalah antara lain : (1) siswa tidak memiliki inisiatif bertanya, (2) sibuk menyalin tulisan dipapan tulis, dan (3) kurangnya elaborasi dalam kegiatan berkelompok. Tujuan penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam belajar matematika pada kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran mind mapping dan kelas yang diajarkan dengan metode ekspositori. Metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuasi eksperimen.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTs negeri 3 Subang. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran mind mapping lebih baik dari pada yang menggunakan pembelajaran ekspositori.

Downloads

Published

2019-03-28

How to Cite

AGUSTINI, S., ROHAENDI, S., & RAHMAN, M. A. (2019). PENERAPAN MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MTs. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(01), 106–113. https://doi.org/10.35569/biormatika.v5i01.463

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)