Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Karakter Untuk Siswa Kelas X di SMK
DOI:
https://doi.org/10.35569/biormatika.v5i02.514Keywords:
RPP, KarakterAbstract
Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang menggunakan model Sugiyono yang bertujuan mengidentifikasi masalah dan kebutuhan rencana pelajaran di SMK Pratama Mulya Ciampel, menentukan desain yang sesuai dan mengembangkan rencana pelajaran berbasis karakter di SMK, mengukur efektivitas dan kualitas rencana pelajaran yang dikembangkan. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif. Hasil ini menunjukkan bahwa rencana pembelajaran yang ada tidak secara jelas menyatakan nilai-nilai karakter bangsa dan penilaian dan tidak secara eksplisit dinyatakan pada kegiatan pembelajaran. Kegiatan belajar tampak monoton. Tampaknya ada pengulangan materi. Materi harus sesuai dengan jurusan siswa. Rencana pembelajaran yang dikembangkan dirancang berdasarkan pedoman teknis pengembangan rencana pembelajaran yang diusulkan dengan penilaian karakter sebagai tambahan. Rencana pembelajaran dikembangkan dalam bentuk rencana pelajaran terpadu. Rencana pembelajaran yang dikembangkan efektif dan kualitasnya sangat baik.