Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Dasar Dengan Modifikasi Permainan Kecil Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.35569/biormatika.v5i02.516Keywords:
Model Pembelajaran, Gerak Dasar, Permainan KecilAbstract
Secara umum tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran gerak dasar untuk pendidikan jasmani di Sekolah Dasar (SD). Selain itu penelitian ini juga bertujuan sebagai bahan ajar guru SD pada pembelajaran Penjasorkes di SD. Di Sa (Rahadian, 2018)mping itu, penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang: pengembangan dan penerapan model pembelajaran bagi anak kelas IV dan V SD dan mengetahui efektivitas, efisiensi dan daya tarik hasil pengembangan pembelajaran gerak dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Research and Development ( R&D) dari Borg dan Ball. Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah kuisioner, serta instrumen psikomotorik gerak dasar. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan terhadap tanggapan/penilaian dari ahli/pelatih, hasilnya adalah 86,11 %, dari kriteria yang ditentukan dan dapat dikatakan bahwa Model Pembelajaran gerak dasar melalui Permainan kecil ini memenuhi kriteria VALID (80% - 100%) sehingga dapat digunakan dan dipraktekkan dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar.