Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Penggunaan Media Lapbook

Authors

  • Gilang Maulana Jamaludin Universitas Majalengka
  • Ani Rosidah Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i1.682

Keywords:

Media Lapbook, Berpikir Kritis, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Berdasarkan data awal yang diperoleh di kelas V SDN Palasari Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang, pada pembelajaran IPS materi keragaman kenampakan alam hasil belajar serta kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Dilihat dari masalah tersebut, maka digunakan media lapbook yang merupakan sebuah media hasil modifikasi dari media visual. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa serta hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) Instrumen yang digunakan pada penelitian ini diantaranya adalah lembar observasi kinerja guru pada perencanaan dan pelaksanaan, aktivitas siswa, lembar wawancara, catatan lapangan, tes kemampuan berpikir kritis siswa dan tes hasil belajar siswa.Dari hasil penelitian pada akhir siklus yaitu siklus III didapatkan hasil yang mencapai target, Dengan demikian, penggunaan media lapbook pada materi keragaman kenampakan alam mata pelajaran IPS berhasil meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. 

Downloads

Published

2020-02-26

How to Cite

Jamaludin, G. M. ., & Rosidah, A. . (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Penggunaan Media Lapbook. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 41–49. https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i1.682