KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMK

Authors

  • siti nurhaeni Pend.Matematika FKIP Unsub

Keywords:

kemampuan pemecahan masalah matematis, model pembelajaran two stay two stray, model pembelajaran think pair share

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komparasi model pembelajaran two stay two stray maupun think pair share dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Subang tahun pelajaran 2016/2017. Sampel pada penelitian ini adalah XI AK 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan XI AK 2 sebagai kelas eksperimen 2. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas yaitu model pembelajaran two stay two stray dan think pair share, sedangkan variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pre-test, post-test, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan maupun kemampuan akhir pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran two stay two stray dan think pair share. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil perhitungan sebesar 0,50 dan 0,35 > 0,05. Selain itu, siswa memberikan respon positif terhadap model pembelajaran two stay two stray dan think pair share yang ditunjukkan dengan hasil perhitungan skor netral 2,58 > skor sikap 3,39 pada angket two stay two stray dan skor netral 2,58 > skor sikap 3,40 pada angket think pair share.

Downloads

Published

2017-04-28

How to Cite

nurhaeni, siti. (2017). KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMK. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(01), 1. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/7

Issue

Section

Articles