Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Logical Thinking Peserta Didik Pada SMAN 1 Riau Silip Kabupaten Bangka

Authors

  • Rizki Zulfickar Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mutiya Oktariani Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i1.703

Keywords:

Kemampuan logical thinking, Abad 21, Sekolah Menengah Atas (SMA)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan Logical Thinking peserta didik Sekolah Menengah Atas. Metode dalam penelitian ini menggunakan Survai eksperimental dengan Sampel penelitan sebesar 87 peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir logis peserta didik Sekolah Menengah Atas dikatagorikan cukup tinggi. Diketahui bahwa indikator Kemampuan beragumen memiliki pengaruh tertinggi terhadap kemampuan logical thinking dengan koefisien 6,97 sedangkan kemampuan penarikan kesimpulan tertinggi kedua dengan koefisien 6,72 dan keruntutan berpikir tertinggi ketiga dengan koefisien 5,64. Temuan ini menyiratkan bahwa untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis perlu peningkatan kemampuan beragumen, kemampuan penarikan kesimpulan dan keruntutan berpikir peserta didik.

Downloads

Published

2020-02-28

How to Cite

Zulfickar, R., & Oktariani, M. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Logical Thinking Peserta Didik Pada SMAN 1 Riau Silip Kabupaten Bangka. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 139–144. https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i1.703