Pengaruh Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Taruna Teknika

Authors

  • Darul Prayogo Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i02.799

Keywords:

sosial ekonomi, prestasi belajar, taruna, teknika

Abstract

Kondisi sosial ekonomi orang tua sangat dibutuhkan untuk menunjang proses belajar Taruna. Kondisi sosial ekonomi orang tua yang baik memungkinkan Taruna memperoleh sarana dan prasarana yang lebih banyak sehingga Taruna mampu mencapai prestasi belajar yang baik. Permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah Bagaimana kondisi sosial ekonomi orang tua Taruna tingkat 1 semester 2 Program Studi Teknika Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran tahun pelajaran 2019/2020, Apa Prestasi belajar mata pembinaan produktif Taruna, Adakah pengaruh terhadap kondisi sosial ekonomi orang tua, Seberapa besar sumbangan kondisi sosial ekonomi orang tua Taruna.

Populasi penelitian ini adalah seluruh Taruna tingkat 1 semester 2 yang berjumlah 104 Taruna. Sampel yang diambil adalah Taruna kelas T2B dan T2C yang berjumlah 68 orang. Variabel dalam penelitian ini ada dua yang meliputi variabel bebas yaitu kondisi sosial ekonomi orang tua yang diberi notasi (X) dan variabel terikatnya adalah prestasi belajar yang diberi notasi (Y). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang berisi pertanyaan-pertanyaan dengan jawaban tertutup. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan analisis regresi.

Hasil analisis deskriptif persentase diketahui tingkat kondisi sosial ekonomi orang tua baik dan prestasi belajar Taruna juga baik. Dari hasil analisis statistik regresi diperoleh kondisi sosial ekonomi orang tua Taruna kelas 1 semester 2 berpengaruh terhadap prestasi belajar Taruna. Besarnya sumbangan kondisi sosial ekonomi orang tua Taruna kelas 1 semester 2 berpengaruh terhadap prestasi belajar Taruna yaitu 28,25%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada pihak sekolah khususnya Program Studi Teknika agar lebih memperhatikan Taruna yang kondisi sosial ekonomi orang tuanya sedang atau kurang mampu dan membuat kebijakan untuk memberikan beaTaruna atau pembebasan SPP dalam rangka untuk mencapai prestasi belajar yang baik bagi Taruna. Peneliti juga menyarankan agar peneliti selanjutnya mengembangkan penelitian yang serupa dengan variabel independen lainnya.

Downloads

Published

2020-09-27

How to Cite

Prayogo, D. (2020). Pengaruh Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Taruna Teknika. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(02), 117–124. https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i02.799