PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI MATERI MENGELOMPOKKAN BENDA SESUAI CIRI-CIRI

  • ADE HERLAENI SDN. Tunas Mulya Kec. Sagalaherang

Abstract

Rumusan permasalahan pada penelitian ini dalah kemampuan siswa kelas I dalam memahami materi mengelompokkan benda sesuai ciri-ciri masih rendah. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi mengelompokkan benda sesuai ciri-ciri melalui penerapan media gambar di kelas I SD Negeri Tunas Mulya semester genap tahun pelajaran 2017/2018.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan siswa dalam memahami materi mengelompokkan benda sesuai ciri-ciri dapat dilakukan dengan menerapkan media gambar. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil test siklus 1 nilai rata-rata mencapai 68,75 pada kategori cukup dengan prosentase kelulusan 40,00% dan hasil test pada siklus 2 dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 83,50 pada kategori baik dengan tingkat prosentase kelulusan 90,00%. Jadi prestasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 14,75 dari siklus 1 ke siklus 2.

Published
2019-03-27
How to Cite
HERLAENI, ADE. PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI MATERI MENGELOMPOKKAN BENDA SESUAI CIRI-CIRI. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, [S.l.], v. 2, n. 01, p. 1-10, mar. 2019. Available at: <http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/441>. Date accessed: 16 june 2019.