PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI MATERI MENGELOMPOKKAN BENDA SESUAI CIRI-CIRI

  • Ade Herlaeni SDN Tunas Mulya Sagalaherang
Keywords: media gambar, kemampuan siswa, mengelompokkan benda sesuai ciri-ciri, bahasa indonesia

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan  siswa dalam memahami materi mengelompokkan benda sesuai ciri-ciri melalui penerapan media gambar di kelas I SD Negeri Tunas Mulya semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan siswa dalam memahami materi mengelompokkan benda sesuai ciri-ciri dapat dilakukan dengan menerapkan media gambar. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prestasi belajar siswa  dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil test siklus 1 nilai rata-rata mencapai 68,75 pada kategori cukup dengan prosentase kelulusan 40,00% dan hasil test pada siklus 2 dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 83,50 pada kategori baik dengan tingkat prosentase kelulusan 90,00%. Jadi prestasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 14,75 dari siklus 1 ke siklus 2.

Published
2019-11-01
How to Cite
Herlaeni, A. (2019). PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI MATERI MENGELOMPOKKAN BENDA SESUAI CIRI-CIRI . JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 2(2), 419-426. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/558