MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINAT DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK DI KELAS VIII-B SMP NEGERI 3 SUBANG

  • TUTI NURYATI SMP Negeri 3 Subang

Abstract

Bidang studi matematika sebagai salah satu mata pelajaran yang diajarkan harus mampu disampaikan oleh guru secara efektif dan efisien. Pengalaman penulis di SMP Negeri 3 Subang sampai saat ini, mata pelajaran matematika adalah salah satu mata pelajaran yang tidak disukai oleh sebagian besar peserta didik, bahkan peserta didik memandang bahwa matematika adalah sesuatu yang menakutkan, atau sebagai mata pelajaran yang sulit untuk diterima, dan membuat kepala pusing, oleh sebab itu dalam penyampaiannya diperlukan model yang tepat dan dapat diterima oleh peserta didik.  Salah satu model yang efektif untuk menghindari rasa takut dan kurang percaya diri peserta didik terhadap mata pelajaran matematika, adalah dengan cara melakukan Problem solving. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa pada materi sistem koordinat dengan teknik diskusi di kelas VIII-B SMP Negeri 3 Subang. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX-A sejumlah 35, terdiri dari 1 peserta didik perempuan dan 16 peserta didik laki-laki. Penelitian dilakukan dalam bentuk penelitian tindakan (PTK), terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan/observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan meliputi angket, lembar observasi dan lembar tes. Data yang diperoleh bersifat kuantitatif dan kualitatif disesuaikan dengan instrument yang digunakan. Dari hasil pengamatan dan analisis diperoleh data bahwa terdapat peningkatan aktivitas guru dalam pembeljaran, menunjukkan adanya respon positif dari siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran, terdapat peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa dari satu siklus ke siklus berikutnya dari data tersebut disimpulkan bahwa penerapan teknik diskusi dapat mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VIII-B di SMP negeri 3 Subang.

Published
2019-03-28
How to Cite
NURYATI, TUTI. MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINAT DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK DI KELAS VIII-B SMP NEGERI 3 SUBANG. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, [S.l.], v. 2, n. 01, p. 108-114, mar. 2019. Available at: <http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/455>. Date accessed: 16 june 2019.