AUDIT KEMAMPUAN PROSES PENGELOLAAN PEMANTAUAN KINERJA DAN KESESUAIAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM FASILKOM UNIVERSITAS SUBANG BERBASIS COBIT 2019

Authors

  • Bambang Tjahjo Utomo

Keywords:

Audit, pemantauan, COBIT 2019

Abstract

Learning Manajemen system ( LMS ) merupakan sebuah sistem manajemen pembelajaran yang berperan samgat penting dalam kegiatan belajar mengajar di Fakultas Ilmu Komputer ( Fasilkom ) Universitas Subang. Oleh karena itu kinerja dan kesesuaiannya perlu dipantau ( di monitor ) agar dapat dievaluasi dan dilakukan aktivitas aktivitas perbaikan dalam pengelolaannya. Proses pemantuan kinerja dan kesesuaian LMS nya sendiri perlu untuk di audit, agar dapat diketahui kemampuan ( capability ) nya dan diperoleh umpan balik ( rekomendasi ) untuk perbaikan proses pemantauannya.
Metodologi yang digunakan dalam melakukan audit pengelolaan pemantauan kinerja dan kesesuaian pada LMS Fasilkom universitas subang ini adalah self assessment audit . Audit dilakukan dengan membuat kuesioner yang berbasis Framework ( kerangka kerja ) MEA01 ( Managed performance and conformance monitoring ) COBIT 2019.
Setelah dilakukan audit self assessment terhadap proses pengelolaan pemantauan kinerja dan kesesuaian LMS Fasilkom , maka dapat dinyatakan ( diperkirakan ) proses pengelolaan pemantauan kinerja dan kesesuaian LMS Fasilkom mempunyai kemampuan level 1, dimana pada level ini proses kurang lebih mencapai tujuannya, dengan aktivitas aktivitas yang tidak lengkap dan masih bersifat intuitif dan belum terorganisasi.

Downloads

Published

2021-10-30

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>