SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENGELOLAAN LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN

Authors

  • Bambang Tjahjo Utomo

Keywords:

sistem informasi geografis, limbah B3

Abstract

Tujuan pengelolaan limbah Bahan Berbahaya dan beracun (B3) adalah untuk mencegah dan menanggulangi pencemaran atau kerusakan lingkungan hidup yang diakibatkan oleh limbah B3 serta melakukan pemulihan kualitas lingkungan yang sudah tercemar sehingga sesuai dengan fungsinya kembali. SIG Pengelolaan Limbah Beracun adalah bentuk pemetaan informasi pengelolaan limbah B3 yang disajikan secara spasial dengan mengunakan peta tematik yang terhubung dengan database.
SIG Pengelolaan Limbah Beracun dibuat dengan menggunakan Map Server, bahasa Pemrograman PHP dengan framework yii dan database Mysql. Metode Pengembangan yang digunakan adalah metode prototyping.
Pengembangan Sistem Informasi Geografis Pengelolaan limbah beracun telah dilakukan dalam penelitian ini. Dengan adanya sistem tersebut maka dapat dilakukan monitoring dan analisa secara lebih mudah berbasiskan geografis terhadap pengelolaan limbah beracun. Dengan menggunakan visualisasi berupa peta diharapkan dapat mempermudah pengguna tidak hanya dalam mengintepretasikan analisis informasi melainkan juga bisa digunakan sebagai dukungan bagi pemilihan strategi kebijakan lain yang dibutuhkan.

Downloads

Published

2019-03-14

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>