PENGARUH INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM KELUARGA

(Studi Kuantitatif Intensitas Bermain Game Online Free Fire Terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal Dalam Keluarga Pada Komunitas Sunda Girls Regional Jawa Barat)

Authors

  • Kintan Brazaville

Abstract

Penelitian ini berjudul pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal Dalam Keluarga (Studi Kuantitatif Intensitas Bermain Game Online Free Fire Terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal Dalam Keluarga Pada Komunitas Sunda Girls Regional Jawa Barat). Kemudian Penelitian ini menggunakan Teori bermain psikologi dari stephenson. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal pada komunitas sunda girls. Serta seberapa besar pengaruh pada Intensitas Bermain Game Online Terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal Dalam Keluarga. Pendekatan yang digunakan yakni pendekatan Kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dan kausalitas. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 45 orang yang terdiri dari anggota komunitas sunda girls. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesionoer atau angket. Analisis yang digunakan meliputi deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian uji hipotesis melalui uji t, diketahui t hitung = 3,288 dengan taraf signifikan 5% dan t tabel = 1,681, karena t hitung lebih besar dari t tabel mak Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa intensitas bermain game online terdapat pengaruh terhadap kemampuan komunikasi interpersonal dalam keluarga dengan nilai koefisien regresi sebesar 20,1%.

Downloads

Published

2023-09-26

How to Cite

Kintan Brazaville. (2023). PENGARUH INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM KELUARGA: (Studi Kuantitatif Intensitas Bermain Game Online Free Fire Terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal Dalam Keluarga Pada Komunitas Sunda Girls Regional Jawa Barat). OMNICOM: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 29–38. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FIKOM/article/view/1802

Issue

Section

Articles