TERPAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK PADA SELF AWARENESS SISWA KELAS 6 SDN CURUGRENDENG 3

Authors

  • Risky Nindya Putri Universitas Subang
  • Asep Awaludin Universitas Subang
  • Akhmad Basuni Universitas Subang

Abstract

This research aims to explore the extent of exposure to social media TikTok on the self awereness of Class 6 students at SDN Curugrendeng 3. This research adopts the concept of media exposure developed by Rosengreen, with a focus on three indicators of media exposure: frequency, attention and duration. The research method applied is quantitative descriptive. Subjects included 35 students as active TikTok users in class 6 of SDN Curugrendeng 3 and data collection was carried out using saturated sampling techniques. The results of the research show that exposure to TikTok social media on the very high frequency indicator reached 82%, on the high attention indicator it reached 77%, on the high duration indicator it reached 70% and media exposure on the Self Awereness of Class 6 students at SDN Curugrendeng 3 reached 76% which identified a high level. Overall high exposure to social media has a significant impact on the self-awareness of Class 6 students at SDN Curugrendeng 3.

Author Biographies

Asep Awaludin, Universitas Subang

Ilmu Komunikasi 

Akhmad Basuni, Universitas Subang

Ilmu Komunikasi 

References

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Silalahi, Ulber. 2015. Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung: Refika Aditama.

Kriyantono, R. 2006. Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Pranada Media Group

Rakhmat, Jalaluddin. 2004. Metode Penelitian Komunikasi: Dilengkapi Contoh Analisis Statistik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Solihat, Manap. P, Melly, & Solihin, Olih. 2014. Interpersonal Skill. Bandung: Rekayasa Sains.

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Wardtip-Fruin, Noah., Montfort, Nick. 2003. The New Media Reader.

Cahyani, Dini Dwi. 2020. “DAMPAK PEMAKAIAN APLIKASI TIK TOK DALAM INTERAKSI SOSIAL (Study Kasus di SMA Negeri 11 Teluk Betung Timur Bandar Lampung)”. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Umami, Mafazatil. 2021. “HUBUNGAN INTENSITAS PEMAKAIAN MEDIA SOSIAL DAN SELF AWARENESS PADA REMAJA LOMBOK TIMUR”. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Fauzan, Ringga Galuh. 2022. “TERPAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK PADA SELF AWERENESS SISWA KELAS XII IPS SMAN 2 SUBANG”. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Subang.

Nurwidianti. 2021. “TINGKAT KETERGANTUNGAN PEMAKAIAN APLIKASI TIKTOK PADA REMAJA (Studi Deskriptif Kuantitatif Tingkat Ketergantungan Pemakaian Aplikasi TikTok Pada Remaja Perempuan di Desa Sukasari RT 10 RW 03)”. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Subang.

Usrina, Nora. 2021. “PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK PADA GAYA KOMUNIKASI SANTRI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AR-RISALAH”. Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Rahman, Muhammad. 2022. “PENGARUH PEMAKAIAN MEDIA SOSIAL TIK TOK PADA GAYA KOMUNIKASI REMAJA USIA 11-15 TAHUN DI DESA PANJANG JIWO KEC. TENGGILIS MEJOYO KOTA SURABAYA”. Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Utami, Andini Hernani. 2021. “MEDIA BARU DAN ANAK MUDA: PERUBAHAN BENTUK MEDIA DALAM INTERAKSI KELUARGA”. Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga.

Primadini, Intan., & Martanatasha, Michelia. 2019. “Relasi Self-Esteem dan Body Image dalam Terpaan Media Sosial Instagram”. Jurnal Ilmu Komunikasi.

Hakim, Rahayu Marini., & Fatoni, Ahmad. 2020. “PENGARUH TERPAAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE DAN INTERAKSI ANTARSOSIAL PADA PERILAKU IMITASI REMAJA PUTRI (Studi Kasus Video Clip Blackpink-Ddu Du Ddu Du)”. Jurnal Scriptura.

dwi Wijaya, M. H. 2020. Konsumsi Media Sosial Bagi Kalangan Pelajar: Studi Pada Hyperrealitas Tik Tok. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 3(2), 170-191.

Raisa Nurul Qorirah, N. Q. R. (2022). Pengenalan Literasi Media Oleh Orang Tua Kepada Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Menggunakan Aplikasi Tiktok di Kecamatan Bangil Pasuruan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember).

Martanatasha, M., & Primadini, I. (2019). Relasi Self-Esteem dan Body Image dalam Terpaan Media Sosial Instagram. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(2), 158-172.

Armavillia, Kurnia E. 2023. Negara Dengan Pengguna TikTok Terbanyak 2023, Indonesia Peringkat 2. Diakses dari http://data.goodstats.id/statistic diakses pada 13 November 2023

Pnacawati, MB Dewi. 2023. Melindungi Remaja, Menjaga Kekuatan Pembangunan Bangsa. Diakses dari https://www.kompas.id/baca/riset/2023/08/16/melindungi-remaja-menjaga-kekuatan-pembangunan-bangsa diakses pada 9 Januari 2023

Downloads

Published

2024-10-30

How to Cite

Nindya Putri, R., Awaludin, A., & Basuni, A. (2024). TERPAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK PADA SELF AWARENESS SISWA KELAS 6 SDN CURUGRENDENG 3. OMNICOM: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(02), 10–22. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FIKOM/article/view/2198

Issue

Section

Articles