PENERAPAN PENDEKATAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALLY, INTELECTUALLY (SAVI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG CAMPURAN PADA SISWA KELAS 2.A SDN CINANGSI KECAMATAN CIBOGO KABUPATEN SUBANG

Authors

  • NEA SUYONO SDN CINANGSI KECAMATAN CIBOGO KABUPATEN SUBANG

Keywords:

Hasil Belajar,, Pendekatan Somatic, Auditory, Visually, Intelectually(SAVI), Operasi Hitung Campuran

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas pengalaman empiris di awal semester 1 tahun pelajaran 2016-2017 peserta didik Kelas 2. Adi SDN Cinangsi  Kecamatan Cibogo dari 23 orang siswa hanya 8 orang atau 35  yang mencapai nilai akhir sama dengan atau lebih dari nilai KKM  ditentukan yakni 75. Sedangkan kansisanya 15 atau 65%  belum mencapai KKM. Oleh sebab itu dalam proses pembelajaran sering kali siswa merasakan kesulitan untuk mencapai hasil yang optimal. Untuk memperbaiki proses pembelajaran tersebut maka mendesain pembelajaran dengan permainan yang dirancang dengan pembelajaran  model pembelajaran  Somatic, Auditory, Visually, Intelectually (SAVI) yang memungkinkan siswa dapat belajar lebih menyenangkan di samping itu juga dapat menumbuhkan tanggung jawab, kerja sama, persaingan sehat dan keterlibatan belajar yang aktif, sehingga hasil belajar Matematika akan memuaskan dan menggembirakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Penggunaan Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visually, Intelectually (SAVI) dapat Meningkatkan Aktivitas Hasil Belajar Matematika pada siswa Kelas 2.A. Setelah siswa mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visually, Intelectually (SAVI), naik cukup signifikan. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan nilai tertinggi siswa dari 80 pada pra siklus menjadi 95 pada siklus I dan meningkat menjadi 100 pada siklus II serta rata-rata nilai siswa dari 65 pra siklus menjadi 77 pada siklus I dan meningkat menjadi 85 pada siklus II. Siswa tuntas yang mencapai KKM juga mengalami peningkatan, dari 8 siswa atau (35%) pada pra siklus menjadi 18 siswa atau (78%) pada siklus II  meningkat menjadi 23 siswa atau (100%) padasiklus II. Dengan demikian pembelajaran menggunakan model  Somatic, Auditory, Visually, Intelectually (SAVI) pada Mata Pelajaran Matematika pada materi Hitung Campuran dapat meningkatkan hasil belajar.

Downloads

Published

2017-10-13

How to Cite

SUYONO, N. (2017). PENERAPAN PENDEKATAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALLY, INTELECTUALLY (SAVI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG CAMPURAN PADA SISWA KELAS 2.A SDN CINANGSI KECAMATAN CIBOGO KABUPATEN SUBANG. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(02). Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/103

Issue

Section

Articles