UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWADENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN IPA
Keywords:
Hasil belajar dan Aktivitas siswa, pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, Pembelajaran Pendekatan Kontekstual.Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan di SDN Majasari Kabupaten Subang. Analisis evaluasi pada pembelajaran IPA di kelas V menunjukkan rendahnya tingkat penguasaan siswa terhadap materi IPA. Hal ini ditujukkan dari data nilai UTS yang diperoleh siswa kelas V, dari 30 siswa hanya 11 siswa yang dapat mencapai di atas nilai KKM yang ditentukan yaitu 58.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer, dan subyek yang diteliti. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa Kelas V melalui penerapan pembelajaran pendekatan Kontekstual. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Majasari Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang yang terdiri dari 15 siswa. penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017.Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus, siklus satu satu kali pertemuan dan siklus dua satu kali pertemuan terdiri dari empat tindakan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I memperoleh jumlah nilai 57 dari jumlah skor maksimal 80. Jika dihitung dalam persentase, maka memperoleh 71,25% dan termasuk kategori cukup. Pada siklus II, memperoleh jumlah nilai sebesar 67 dari jumlah skor maksimal 80. Jika dihitung dengan persentase, maka memperoleh 83,75% dan termasuk kategori baik. Pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 71,83 dengan persentase ketuntasan 73,33%. Sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 73 dengan persentase ketuntasan 80%.Penelitian ini berkesimpulan bahwa penerapan pendekatan Kontekstualdapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Majasari Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang. Selain itu model pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran.