Penggunaan Metode Berfikir-Berpasangan-Berbagi (Think Pair Share) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Cerpen Pada Kelas IX-C SMP Negeri 1 Cimenyan
DOI:
https://doi.org/10.35569/biormatika.v7i2.1105Keywords:
Think Pair Share, Hasil Belajar, Bahasa IndonesiaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang proses dan kemampuan membaca siswa dalam dalam memahmi sebuah cerita pendek dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Model tersebut dapat melatih siswa mengungkapkan alasan dari jawaban yang mereka temukan dan melakukan diskusi kelompok untuk pemecahan masalah suatu konsep tanpa melalui demonstrasi dan bimbingan dari guru. Adapun materi pembelajaran pada penelitian ini adalah membaca pemahaman cerita pendek. Subjek penelitian ini dilaksanakan dikelas IX-C di SMP Negeri 1 Cimenyan dengan siswa berjumlah 24 orang siswa. Penelitian ini melalui 2 siklus perbaikan. Pada siklus I nilai siswa yang berhasil mendapatkan nilai KKM yaitu sebanyak 33% dengan nilai rata-rata 57. Dan akhirnya pada perbaikan pembelajaran di siklus II siswa yang berhasil mencapai KKM 92% dengan nilai rata-rata 79.