Penerapan Komunitas Belajar Melalui Aplikasi WhatsApp sebagai upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Sejarah
DOI:
https://doi.org/10.35569/biormatika.v7i2.1134Keywords:
Komunitas Belajar, Whatsapp, Aktivitas BelajarAbstract
Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana menerapkan komunitas belajar melalui aplikasi whatsapp sebagai upaya meningkatkan aktivitas belajar sejarah pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar mata pelajaran sejarah dengan penerapan komunitas belajar melalui aplikasi whatsapp. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dimana peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari hasil wawancara dengan guru dan siswa, serta dapat dilihat dari persentasi siklus I dan siklus II. Prosedur penelitian meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Unismuh makasssar sebanyak 22 siswa di dalam kelas dan 15 siswa yang tergabung di dalam komunitas whatsapp. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan komunitas belajar melalui aplikasi whatsapp dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari hasil wawancara dengan guru dan siswa, serta dapat dilihat dari nilai rata-rata persentase pada siklus I dengan pernsentase aktivitas siswa adalah 48.63% dan siklus II dengan nilai persentase aktivitas siswa meningkat menjadi 55.29%. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan komunitas melalui aplikasi whatsapp dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X pada mata pelajaran sejarah di SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar.