Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru

Authors

  • Chervony Universitas Ahmad Dahlan
  • Fitri Nur Mahmudah Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.35569/biormatika.v9i2.1366

Keywords:

Kepala Sekolah, Kepemimpinan, Kompetensi Guru

Abstract

Perkembangan yang semakin meningkat di era globalisasi dan modernitas seperti saat ini, peningkatan mutu pendidikan dapat menjadi suatu masalah yang urgen. Permasalahan yang timbul dalam lingkup sekolah terkait dengan fungsi dan peranan kepemimpinan kepala sekolah, sehingga diangkat suatu penelitian dengan judul penelitian Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu teknik wawancara oleh beberapa orang Kepala Sekolah. Kompetensi merupakan perpaduan dari penguasaan pengetahuan, nilai dan sikap yang direfleksikan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak dalam melaksanakan tugas/pekerjaannya. Guru yang mampu menerapkan kompetensi dalam pelaksanaan pembelajaran, akan lebih menyenangkan serta membangkitkan minat belajar dan menimbulkan suasana belajar yang aktif dan akhirnya berdampak kepada meningkatnya prestasi siswa. Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian guru yaitu dengan mengadakan beberapa program kegiatan pelatihan dan anjuran. Secara umum peningkatan kompetensi yang dilakukan oleh kepala sekolah, bertujuan agar guru menguasai pengelolaan kelas. Adapun 4 komponen utama mengenai kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru yaitu kinerja tenaga pendidik, peningkatan kompetensi, kualitas pendidikan, dan strategi pemimpin

Downloads

Published

2023-09-25

How to Cite

Chervony, & Mahmudah, F. N. (2023). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 9(2), 156–164. https://doi.org/10.35569/biormatika.v9i2.1366