Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Authors

  • Siti Umayah Hopatun Fatonah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Iyan Rosita Dewi Nur Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35569/biormatika.v9i2.1641

Keywords:

Bangun Ruang Sisi Datar, Deskriptif Kualitatif, Kemampuan Literasi Matematis

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengdeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa SMP Ketika menyelesaikan soal pada materi bangun ruang sisi datar. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 35 siswa kelas VIII semester genap tahun pelajaran 2022/2023 dan pengambilan sempelnya dilakukan dengan cara simple random sampling. Penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman sebagai metode analisis data, yang memiliki tiga jalur. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan literasi matematis berupa soal materi bangun ruang sisi datar dalam bentuk soaal uraian. Hasil penelitian di peroleh bahwa kemampuan literasi siswa diperoleh tidak terdapat siswa yang memiliki kemampuan literasi matematis tinggi, sebanyak 34 siswa dengan presentase 97% dengan kemampuan literasi matematis sedang, dan 1 siswa dengan presentase 3% berada pada kategori kemampuan matematis siswa rendah belum memenuhi keseluruna indikator literasi matematis.

Downloads

Published

2023-09-18

How to Cite

Umayah Hopatun Fatonah, S., & Nur, I. R. D. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 9(2), 106–116. https://doi.org/10.35569/biormatika.v9i2.1641