Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik shaping Untuk Meningkatkan Kedisplinan Siswa

Authors

  • Hijrah Eko Putro Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Ika Puty Nur Fitria Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Nofi Nur Yuhenita Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Indiati Indiati Universitas Muhammadiyah Magelang

DOI:

https://doi.org/10.35569/biormatika.v10i1.1782

Keywords:

Kedisplinan Siswa, Konseling Kelompok Teknik Shaping

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dengan Teknik Shaping untuk meningkatkan kedisplinan siswa di kelas VIII G SMP Negeri 8 magelang. Pendekatan ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan model One Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini dipilih dengan Teknik Purposive Sampling. Sampel yang daimbil dalam penelitian ini yaitu konsleing kelompok Teknik Shaping. Sampel yang diambil sebanyak 7 siswa. Ada dua variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel bebas yang berupa konseling kelompok Teknik Shaping. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan instrument angket. Uji validitas instrument kedisplinan siswa. Analisis data menggunakan parametric dengan Teknik uji Paired Sample T-test. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa kedisplinan siswa di sekolah mengalami kenaikan setelah memperoleh layanan konseling kelompok Teknik shaping dengan rata-rata perubahan 19,7% dan hasil analisis uji Paired Sample T-test, Sig.2 tailed menunjukan =0,000 < 0,05, hasil probabilitas menunjukan kurang dari 0,05 maka hipotesis diterima. Berdsarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan Teknik Shaping efektif dalam meningkatkan kedisplinan siswa di sekolah kelss VIII G SMP Negeri 8 Magelang.

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

Putro, H. E., Fitria, I. P. N., Yuhenita, N. N., & Indiati, I. (2024). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik shaping Untuk Meningkatkan Kedisplinan Siswa. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 10(1), 23–29. https://doi.org/10.35569/biormatika.v10i1.1782