MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMPN SATU ATAP 8 BANJARSARI MELALUI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA
Keywords:
Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, pemahaman konsep matematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa SMPN Satu Atap 8 Banjarsari melalui Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Metode yang di gunakan adalah kuasi eksperimen berdesain kelompok kontrol non-ekiuvalen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN Satu Atap 8 Banjarsari dan yang dijadikan sampel adalah siswa kelas VIII SMPN Satu Atap 8 Banjarsari. Instrumen penelitian adalah tes uraian yang terdiri dari 5 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik parametrik dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep matematis siswa SMPN Satu Atap 8 Banjarsari melalui Pendidikan Matematika Realistik Indonesia.