MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMPN SATU ATAP 8 BANJARSARI MELALUI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA

Authors

  • RUSDIAN RIFA"I Universitas Mathla’ul Anwar
  • CICI DAHLIYAH SMPN Satu Atap 8 Banjarsari

Keywords:

Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, pemahaman konsep matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa SMPN Satu Atap 8 Banjarsari melalui Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Metode yang di gunakan adalah kuasi eksperimen berdesain kelompok kontrol non-ekiuvalen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN Satu Atap 8 Banjarsari dan yang dijadikan sampel adalah siswa kelas VIII SMPN Satu Atap 8 Banjarsari. Instrumen penelitian adalah tes uraian yang terdiri dari 5 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik parametrik dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep matematis siswa SMPN Satu Atap 8 Banjarsari melalui Pendidikan Matematika Realistik Indonesia.

Downloads

Published

2018-02-23

How to Cite

RIFA"I, R., & DAHLIYAH, C. (2018). MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMPN SATU ATAP 8 BANJARSARI MELALUI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(01). Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/226