Penerapan Teknik Information Gap dalam Pembelajaran Speaking di Kelas II Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i1.675Keywords:
speaking, teknik information gapAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses dan hasil pembelajaran speaking dengan menggunakan teknik Information Gap di kelas II sekolah dasar Laboratorium UPI Kampus Cibiru. Metode dalam penelitian ini menggunakan PTK dengan model spiral Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari 3 siklus. Kegiatan pembelajaran dalam setiap siklus menggunakan teknik Information Gap yang menekankan pada komunikasi nyata ‘real communication’ sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam berbicara bahasa Inggris. Berdasarkan hasil penelitian selama 3 siklus, pembelajaran speaking dengan teknik Information Gap dapat menciptakan suasana pembelajaran bahasa Inggris yang menyenangkan dan menggairahkan serta dapat meningkatkan kemampuan speaking siswa, terbukti dengan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil speaking siswa pada setiap siklusnya yaitu pada siklus I rata-rata siswa yang memperoleh nilai baik adalah 31,81%, siklus II adalah 52 %, dan siklus III adalah 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis merekomendasikan kepada para guru untuk menerapkan teknik Information Gap dalam pembelajaran speaking di sekolah dasar dengan persiapan yang baik dan matang mulai dari perencanaan pembelajaran, media, sampai kepada evaluasi yang digunakan.