Profil Kemampuan Berpikir Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi dalam Menyelesaikan Permasalahan Pencemaran Lingkungan

Authors

  • Eko Hariyadi Universitas Sembilanbelas November Kolaka

DOI:

https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i1.679

Keywords:

Kemampuan Berpikir Ilmiah, Mahasiswa Pendidikan Geografi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tingkat kemampuan berpikir ilmiah mahasiswa pendidikan geografi Universitas Sembilanbelas November Kolaka. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa survey dengan instrumen tes soal essay. Populasi penelitian adalah mahasiswa pendidikan geografi Universitas Sembilanbelas November Kolaka berjumlah 221 mahasiswa dengan metode pengambilan sampel total sampling. Acuan kriteria kemampuan berpikir ilmiah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kemampuan berpikir logis, analisis, sistematis dan kemampuan memberikan kesimpulan secara deduktif dan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berpikir ilmiah mahasiswa pendidikan geografi berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 76,5%. Sedangkan rata-rata persebaran persentase setiap indikator kemampuan berpikir ilmiah terdiri dari kemampuan berpikir logis sebesar 47,7% dengan kategori baik, sedangkan kategori sedang untuk indikator kemampuan analisis sebesar 52%, kemampuan berpikir secara sistematis sebesar 67,4%, dan kemampuan memberikan kesimpulan secara deduktif dan induktif sebesar 44,3% dan 58,4%.

Downloads

Published

2020-02-26

How to Cite

Hariyadi, E. . (2020). Profil Kemampuan Berpikir Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi dalam Menyelesaikan Permasalahan Pencemaran Lingkungan. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 20–27. https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i1.679