Penerapan Metode Jarimatika Materi Perkalian Pada Siswa Kelas 4 MI Hidayatul Mubtadiin Balak Songgon
DOI:
https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i1.681Keywords:
jarimatika, perkalian, prestasi belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan pembelajaran matematika dengan media jarimatika di kelas 4 MI Hidayatul Mubtadi’in pada operasi hitung perkalian dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Berhitung jarimatika bukanlah hal yang sulit, dengan menggunakan kedua tangan, hasil perkalian yang dihitung akan mampu terselesaikan tanpa menggunakan hitung diatas kertas, dengan begitu siswa akan merasa senang. Guru mengajarkan berhitung dasar kepada anak-anak menurut kaidah, dimulai dengan memahamkan secara benar terlebih dahulu tentang konsep bilangan, lambang bilangan, dan operasi hitung dasar, kemudian mengajarkan cara berhitung dengan jari-jari tangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri atas dua siklus dengan mengambil data melalui pengamatan dan tes. Rata-rata skor pada masing-masing tes meningkat disetiap siklus. Rata-rata Tes prestasi belajar matematika siswa pada siklus I adalah 69,7 pada siklus II 86,4. Prosentase ketuntasan klasikal siswa pada siklus I adalah 48,57% pada siklus II 86% hal ini sangat naik drastis. Hasil pengamatan aktivitas belajar matematika siswa siklus I adalah 2,14 sedangkan pada siklus II 3,65. Untuk hasil pengamatan pembelajaran guru matematika pada siklus I adalah 2,8 sedangkan siklus II adalah 3,8. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode jarimatika dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas 4 MI Hidayatul Mubtadi’in Balak-Songgon pada materi operasi hitung perkalian.