Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran Sudut Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i1.683Keywords:
contextual teaching learning, hasil belajar, aktivitasAbstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui gambaran meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran konsep sudut melalui pendekatan contextual teaching learning. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, setiap siklus terdiri dari empat tindakan pembelajaran. Setiap tindakan dilaksanakan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis tindakan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Cikoneng di Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. NIlai rata-rata aktivitas siswa setiap siklusnya adalah sebagai berikut: siklus 1 mencapai 73,2; siklus 2 mencapai 76,6; siklus 3 mencapai 81,3. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa setiap siklusnya adalah sebagai berikut: siklus 1 mencapai 68,4; silkus 2 mencapai 73,3; siklus 3 mencapai 76,8. Oleh karena ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan contextual teaching dan learning dalam pembelajaran sudut dapat meningkatkan hasil belajar siswa