Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Metode Practice Rehearsal Pairs pada Siswa SMA Al-Hidayah Medan

Authors

  • Mika Debora Br Barus Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Anil Hakim Universitas Asahan

DOI:

https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i1.687

Keywords:

Pemecahan Masalah, Tingkat Kemampuan Siswa, Metode Practice Rehearsal Pairs, Persamaan Kuadrat

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam pokok bahasan persamaan kuadrat melalui metode pembelajaran Practice Rehearsal Pairs.Yang menjadi lokasi dalam penelitian ini bertempat di SMA Al-Hidayah Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X  SMA Al-Hidayah Medan yang terdiri dari 3 kelas sebanyak 120 orang. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA-1 SMA Al-Hidayah Medan yang berjumlah 30 orang.Instrumen penelitian ini adalah dengan menggunakan tes untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam memecahkan masalah berdasarkan tingkat kemampuan pemecahan masalah yang dikemukakan oleh Polya dan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa. Observasi digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan hasil tes. Dari analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan  tingkat kemampuan pemecahan masalah yang dikemukakan oleh Polya melalui metode Practice Rehearsal Pairs adalah pada tingakat kemampuan 1 persentasenya 2%, pada tingkat kemampuan 2 persentasenya 6%, pada Tingkat Kemampuan 3 persentasenya 67%, pada tingkat kemampuan 4 persentasenya 25% serta ketuntasan belajar siswa diperoleh persentasenya 93%. Deskripsi tingkat kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dalam bentuk soal cerita : (1) Peserta didik tidak mampu melaksanakan empat langkah pemecahan masalah Polya sama sekali (memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, memeriksa kembali), (2) Peserta didik mampu memahami masalah, (3) Peserta didik mampu melaksanakan tahap memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, dan tahap melaksanakan rencana penyelesaian, (4) Peserta didik mampu melaksanakan tahap memahami soal, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan tahap memeriksa kembali. Dengan demikian dapat dikatakan tingkat kemampuan siswa kelas X IPA SMA Al-Hidayah Medan dalam memecahkan masalah bentuk soal cerita pada materi persamaan kuadrat pada Tingkat 3

Downloads

Published

2020-02-26

How to Cite

Br Barus, M. D., & Hakim , A. . (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Metode Practice Rehearsal Pairs pada Siswa SMA Al-Hidayah Medan. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 74–78. https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i1.687