Menggambar dalam Mengembangkan Kreativitas dan Bakat Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i1.688Keywords:
Menggambar, Bakat, KreativitasAbstract
Penelitian ini mengkaji terkait proses pelatihan menggambar pada siswa sekolah dasar. Fokus penelitian ini membahas bakat dan kreativitas siswa sekolah dasar yang mengikuti pelatihan menggambar dalam mengembangkan bakat dan kreativitas yang dicapai. Desain dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, metode yang digunakan yaitu metode deskritif, dalam hal ini akan dikaji serta mendeskripsikan proses kegiatan pelatihan mengambar terhadap siswa sekolah dasar dalam mengembangkan bakat dan kreativitasnya dalam bidang menggambar. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa sekolah dasar dari tiga sekolah yang telah diteliti. Penelitian lebih berfokus pada teknik belajar siswa dalam menggambar, menentukan bakat dan kreativitas siswa, mengenalkan teknik dasar menggambar dan hasil capaian setelah siswa mengikuti kegiatan pelatihan menggambar. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini menggunakan analisis model interaktif (Interactive Model of Analysis), dengan adanya suatu reduksi data, sajian data serta penarikan kesimpulan dengan proses pengumpulan data. Hasil capai pada penelitian ini, siswa perlu diarahkan ke hal yang aktif dan produktif karena lingkungan dapat mempengaruhi pola pikir siswa, setelah diberikan pelatihan yang berkaiatan dengan teknik dasar menggambar ada perubahan yang baik yaitu siswa dapat memanfaatkan imajinasinya lalu diterapkan dalam bentuk gambar.