Pengaruh Self-Regulated Learning Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa

Authors

  • Mimin Aminah Universitas Subang
  • Ida Maulida Universitas Subang

DOI:

https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i1.702

Keywords:

Self-Regulated Learning, Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris

Abstract

Self-Regulated Learning adalah kemandirian siswa untuk mengelola pembelajaran sedemikian rupa guna meningkatkan capaian pembelajaran mereka. Menurut Stephen Brookfield (2000:130-133) mengemukakan bahwa kemandirian belajar merupakan kesadaran diri, digerakkan oleh diri sendiri, kemampuan belajar untuk mencapai tujuannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap keterampilan berbicara bahasa inggris siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan cluster random sampling, yaitu menghubungkan antara data yang menunjukkan kemandirian belajar dengan data yang menunjukkan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa. Dari data yang diperoleh peneliti pada saat penelitian terbukti bahwa Self-Regulated Learning mampu meningkatkan keterampilaan berbicara siswa secara signifikan. Data tentang variabel kemandirian belajar diperoleh melalui angket yang disusun oleh peneliti untuk mengukur kemampuan Self-Regulated Learning Siswa. Sedangkan data tentang keterampilan berbicara bahasa Inggris diperoleh melalui pre-test dan post-test yang dilaksanakan oleh peneliti terhadap responden.

Downloads

Published

2020-02-28

How to Cite

Aminah, M. ., & Maulida, I. . (2020). Pengaruh Self-Regulated Learning Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 132–138. https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i1.702