Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Logical Thinking Peserta Didik Pada SMAN 1 Riau Silip Kabupaten Bangka
DOI:
https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i1.703Keywords:
Kemampuan logical thinking, Abad 21, Sekolah Menengah Atas (SMA)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan Logical Thinking peserta didik Sekolah Menengah Atas. Metode dalam penelitian ini menggunakan Survai eksperimental dengan Sampel penelitan sebesar 87 peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir logis peserta didik Sekolah Menengah Atas dikatagorikan cukup tinggi. Diketahui bahwa indikator Kemampuan beragumen memiliki pengaruh tertinggi terhadap kemampuan logical thinking dengan koefisien 6,97 sedangkan kemampuan penarikan kesimpulan tertinggi kedua dengan koefisien 6,72 dan keruntutan berpikir tertinggi ketiga dengan koefisien 5,64. Temuan ini menyiratkan bahwa untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis perlu peningkatan kemampuan beragumen, kemampuan penarikan kesimpulan dan keruntutan berpikir peserta didik.