Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matriks Menggunakan Biji Tasbih Gemerincing
DOI:
https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i02.790Keywords:
Keaktofan Belajar, Hasil Belajar, Matriks, Model Pembelajaran KooperatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika, materi pokok Matriks melalui model pembelajaran kooperatif Biji Tasbih Gemerincing, siswa kelas XI MIA, MA Al Wathoniyah 43 Jakarta, semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA, berjumlah 20 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika, materi pokok Matriks melalui model pembelajaran kooperatif Biji Tasbih Gemerincing, siswa kelas XI MIA, MA Al Wathoniyah 43 Jakarta, semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020.