A Analisis Tingkat Kecemasan Matematika Siswa SMA/Sederajat Berdasarkan Gender
DOI:
https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i02.800Keywords:
Kecemasan, Kecemasan Matematika, Gender, indikatorAbstract
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kecemasan matematika siswa SMA berdasarkan gender dan indikator terbaik kecemasan matematika dalam pembelajaran matematika. Responden dari penelitian ini adalah siswa SMA/Sederajat kelas 1, 2, dan 3 sebanyak 150 siswa perempuan dan 66 siswa laki-laki. Kuisioner dianalisis dengan menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecemasan siswa cenderung rendah, hanya 10% siswa yang memiliki tingkat kecemasan yang tinggi dimana 3% siswa laki-laki dan 7% siswa perempuan. Siswa perempuan memiliki tingkat kecemasan matematika yang lebih tinggi dari pada siswa laki-laki. Tetapi tidak ditemukan adanya perbedaan yang signifikan antara keduanya. Terdapat 3 indikator dengan kecemasan matematika tertinggi untuk siswa laki-laki maupun siswa perempuan yaitu ketika siswa menghadapi ujian dadakan dan indikator dengan kecemasan matematika terendah adalah saat belajar di tempat les. Hasil penelitian ini direkomendasikan sebagai salah satu bahan pertimbangan untuk merancang strategi pembelajaran pada siswa SMA/Sederajat.