MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN LINIER DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA MODEL KARTU DI KELAS VII SMPN 2 PURWADADI

Authors

  • SULATRIYANA SULATRIYANA SMPN 2 Purwadari Kabupaten Subang

Keywords:

Hasil Belajar, Persamaan Linier, Model Kartu

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti, dari siswa kelas VII SMPN 2 Purwadadi yang berjumlah 38 orang diperoleh data bahwa ketika para siswa diberi soal persamaan linier satu peubah berjumlah 5 soal, hanya 15 orang atau 39% yang mampu mengerjakan dengan benar. Dari hasil observasi awal, selanjutnya dihubungkan dengan teori yang telah peneliti kaji, maka pembelajaran persamaan linier satu peubah di Kelas VII SMPN 2 Purwadadi perlu ditingkatkan, salah satu upaya untuk meningkatkannya dengan alat peraga model kartu.Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitiannya menerapkan penelitian tindakan kelas dan rancangan penelitian yang digunakan mengacu pada model spiral yang dikembangkan oleh Stephen Kemmis dan Me Taggart yang terdiri dari empat komponen.yaitu: perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing] dan refleksi (reflecting). Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi kinerja guru dan aktivitas siswa, lembar wawancara.catatan lapangan, angket, dan tes yang diolah dengan menggunakan validasi data.Penggunaan alat peraga model kartu ternyata dapat meningkatkan aktivitas siswa dan kinerja guru, baik secara proses maupun hasil. Siklus I siswa dapat menggunakan alat peraga model kartu dengan tepat sebanyak 18 orang atau 47%, sedangkan siklus II menjadi 36 orang atau 95%. Siklus I siswa terlibat dan aktif dalam mengikuti proses pembelajaran siswa sebanyak 26 orang atau 68%, sedangkan siklus II sebanyak 34 orang atau 89%. Siklus 1 yang memperoleh nilai > atau = 70 sebanyak 22 orang atau 58%, sedangkan siklus II yang memperoleh nilai > atau = 70 sebanyak 36 orang atau 95%. Siklus I rata-rata kelas mencapai 69 dan siklus II menjadi 86.

Downloads

Published

2017-10-13

How to Cite

SULATRIYANA, S. (2017). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN LINIER DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA MODEL KARTU DI KELAS VII SMPN 2 PURWADADI. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(02). Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/89

Issue

Section

Articles