Inovasi Pembelajaran Daring Melalui Penggunaan Aplikasi Media Sosial (Social Networking)
(Studi Kasus pada SMP Islam Terpadu Mentari Ilmu Karawang)
DOI:
https://doi.org/10.35569/biormatika.v7i1.966Keywords:
Inovasi, Pembelajaran, Media SosialAbstract
Derasnya perkembangan ilmu pengetahuan pada bidang teknologi informatika, memicu gelombang disrupsi dalam berbagai bidang, salah satunya adalah pendidikan. Terlebih lagi mewabahnya virus Covid-19 ke seluruh dunia termasuk Indonesia, telah mendorong lembaga pendidikan untuk berinovasi dalam kegiatan pembelajaran daring yang salah satunya adalah melalui penggunaan aplikasi media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan inovasi pembelajaran daring melalui aplikasi media sosial di SMPIT Mentari Ilmu Karawang, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan monitoring serta kendala dan solusi. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan kajian penelitian menggunakan pendekatan metode deskriptif analisis berdasarkan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perubahan pembelajaran dari tatap muka menjadi daring yang terjadi secara mendadak telah mendorong adanya inovasi pembelajaran daring yang dilakukan oleh lembaga pendidikan, salah satunya melalui media sosial dan SMPIT Mentari Ilmu Kabupaten Karawang telah menjawab tantangan kondisi perubahan tersebut dengan memanfaatkan inovasi pembelajaran daring melalui media sosial dalam suatu sistem aplikasi pembelajaran elektronik atau e-learning yang disebut dengan Elektronik Mentari Ilmu Karawang (EMIK) yang juga mengintegrasikannya dengan media sosial lainnya seperti What Apps, Instagram dan Youtube.