Means Ends Analysis untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Disposisi Matematis Siswa SMP

Authors

  • Wahid Umar Universitas Khairun

DOI:

https://doi.org/10.35569/biormatika.v7i1.967

Keywords:

Means ends analysis, kemampuan berpikir kritis matematis, disposisi matematis

Abstract

Artikel ini menyajikan hasil penelitian kuasi eksperimen dengan posttest control group design yang mengkaji model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan disposisi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri yang ada di Kota Tidore provinsi Maluku Utara. Sampel yang melibatkan adalah sebanyak 158 siswa kelas VIII dari dua SMP level sekolah tinggi dan sedang. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan awal matematis, tes kemampuan berpikir kritis matematis dan skala disposisi matematis. Analisis data menggunakan uji Non Parametrik Mann-Whitney dan uji beda lanjut atau post hoc dari One-Way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mendapatkan model MEA lebih unggul secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dibanding siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional (PKV). Hasil penelitian ini, juga menemukan bahwa tidak terdapat interaksi antara kemampuan berpikir kritis matematis dengan disposisi matematis siswa.

Downloads

Published

2021-02-20

How to Cite

Umar, W. (2021). Means Ends Analysis untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Disposisi Matematis Siswa SMP. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 52–60. https://doi.org/10.35569/biormatika.v7i1.967