PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn TENTANG SISTEM PEMERINTAHAN PUSAT DI KELAS IV SDN KEDUNGMAYA KECAMATAN CIBOGO KABUPATEN SUBANG

Authors

  • NURPALA DEWI SDN Kedungmaya Kecamatan Cibogo

Keywords:

Student Teams Achievement Division (STAD), Sistem Pemerintahan Pusat.

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan teknik pembelajaran model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Berpijak pada penelitian terdahulu dapat diasumsikan bahwa pembelajaran dengan metode STAD dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan pada materi sistem pemerintahan pusat pada siswa kelas IV  SD Negeri Kedungmaya. Desain penelitian ini adalah Classroom Action Research dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas IV  SD Negeri Kedungmaya tahun pelajaran 2014-2015 yang berjumlah 24  orang yang terdiri dari 10  orang laki-laki dan 14  orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah  observasi dan dokumentasi  untuk merekam segala perilaku siswa dan guru selama penelitian siklus I dan siklus II berlangsung. Setelah terkumpul, data dianalisis menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif.  Teknik kuantitatif untuk mengolah data kuantitatif hasil test. Sedangkan teknik kualitatif untuk menganalisis data kualitatif non test. Berdasrakan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan  pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan sistem pemerintahan pusat pada siswa kelas IV  SD Negeri Kedungmaya Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang.

Downloads

Published

2017-10-13

How to Cite

DEWI, N. (2017). PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn TENTANG SISTEM PEMERINTAHAN PUSAT DI KELAS IV SDN KEDUNGMAYA KECAMATAN CIBOGO KABUPATEN SUBANG. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(02). Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/97

Issue

Section

Articles