UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI BAHASA INDONESIA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 5 SUBANG

Authors

  • Eli Setiawati SMP Negeri 5 Subang

Keywords:

Demonstrasi, Teks Eksplanasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi (1) perencanaan pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan metodel demonstrasi; (2) pelaksanaan pembelajaran dalam menulis teks eksplanasi menggunakan metode demonstrasi; (3)hasil keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII C SMP Negeri 5 Subang setelah dilakukan pembelajaran menggunakan metode demonstrasi melalui Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari empat komponen, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan melalui dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 5 Subang Sebanyak 32 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan minat siswa, berdasarkan hasil observasi prasiklus dari 32 siswa, 10 siswa atau 31,25% aktif dalam mengikuti pembelajaran, selanjutnya pada tahap siklus I meningkat menjadi 22 siswa atau 67,75%, dan pada tahap siklus II jumlah siswa yang aktif mencapai 28 siswa atau 87% siswa. peningkatan keterampilan menulis teks eksplanasi dapat diketahui dari hasil rata-rata nilai siswa, pada prasiklus nilai rata- rata siswa adalah 60,9, selanjutnya pada siklus I terjadi peningkatan menjadi 78 dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 85. Nilai tersebut sudah mencapai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 75.

Downloads

Published

2021-03-05

How to Cite

Setiawati, E. . (2021). UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI BAHASA INDONESIA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 5 SUBANG. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 4(1), 31–39. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/1024